Universal View

Akhirnya gw bisa ngeblog juga tentang sudut pandang, daridulu mau nulis tentang ini gak sempet-sempet. Yaah, maklum, sibuk urusan sekolah (hoek) wkwkwk.

Sejak gw masih kecil, bokap gw suka banget ngomong kalo kita harus melihat sesuatu secara luas, dengan begitu kita akan bisa menemukan jalan atau cara  lain yang sebelumnya tidak terpikirkan oleh kita.

“See a glass of water as half-full”

Rupanya bener, setelah gw masuk SMP dan mengikuti banyak kegiatan, gw liat orang-orang kalo ketemu masalah langsung panik atau nyerah. Gw juga sering menghadapi masalah, tapi setiap kali ada masalah gw coba dulu cari gimana cara buat ngatasin masalah itu dengan kepala dingin dan tenang. Kalo ternyata emang nggak ketemu juga, gw coba melihat dari sudut orang lain.

Contoh: (A: Kita, B: Orang lain) A punya perbedaan pendapat dengan B dan B marah karena dia ngerasa dia yang bener. Kalo kita punya masalah kayak gini, cobalah kita liat dari sudut B  dan bayangkan apabila kita itu adalah B, kenapa dia nganggep itu bener. Abis itu, coba kita tanya bagaimana pendapat orang lain terhadap masalah itu. Darisitu, kita akan tahu siapa yang betul-betul bener dan siapa yang salah.

Melihat dengan sudut pandang yang luas juga sangat berguna selain untuk menghadapi masalah. Sebelum berkata atau bertindak, kita juga harus melihat bagaimana perasaan orang lain bila kita mengatakan/melakukan itu, apakah orang lain akan tersakiti atau tidak, intinya pikirkanlah cause dan effectnya. Dengan begitu kemungkinan terjadinya konflik akan menjadi minimal karena setiap pihak dapat mengerti perasaan satu dengan yang lain.

Untuk sudut pandang sampe sini dulu deh, nanti kapan-kapan kalo uda dapet inspirasi dilanjutin lagi heheh.

3 Responses to Universal View

  1. Michelle says:

    wah, topik favorit lu nih😛 udah bagus kok itu nulisnya… hha, kpn” diterusin lagi y

  2. Cendana says:

    weeeeeeeeeeeee…………………………

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: