Earth Hour 2009 di Jakarta

Seperti yang telah kita ketahui, pada (28 Maret 2009), ada sebuah program besar yang diadakan oleh WWF (World Wildlife Fund) yang bernama Earth Hour. Pada program ini, masyarakat diminta untuk bekerjasama untuk mematikan lampu dan elektronik lainnya selama 1 jam, dari jam 8:30-9:30 malam. Program ini dilakukan oleh 2.848 kota di 83 negara di dunia.

Untuk mendukung acara ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memadamkan listrik di sejumlah tempat utama di Jakarta, seperti Monas dan Bundaran Hotel Indonesia. Gubernur kita, Fauzi Bowo juga ikut mendukung program ini dengan mematikan lampu di Balai Kota. Tetapi, walaupun beberapa tempat dipadamkan listriknya, lampu penerang umum tidak dipadamkan, karena bila dimatikan juga, Jakarta bisa menjadi tidak aman karena pencopet, perampok, dll dapat lebih mudah beraksi. Lampu puncak Monas juga tidak dipadamkan karena Monas dinilai sebagai lambang Negara Indonesia yang tak boleh padam.

Memadamkan lampu di Kota Jakarta selama 1 jam sendiri diperkirakan dapat mengurangi sekitar 284 ton emisi karbon dioksida, mengurangi beban biaya listrik Jakarta sekitar Rp 200 juta, menyelamatkan lebih dari 284 pohon, menghemat 300MW listrik yang cukup untuk mengistirahatkan 1 pembangkit listrik dan menyalakan 900 desa, dan menyediakan oksigen untuk lebih dari 500 orang.

Sayangnya, tidak semua warga Jakarta mengikuti program ini. Ada temen gw yang sampe nulis di facebook kalo program ini nggak efektif untuk mengurangi polusi. Ya emang bener, kalo cuma 1 rumah yang dimatiin lampunya, nggak bakal ngurangin polusi, tapi kalo dilakuin oleh 2800 kota kan pasti bakal banyak ngurangin polusi. Makannya, kita harus bekerjasama untuk mematikan lampu di rumah masing-masing, jadi bisa berdampak besar untuk mengurangi polusi.

“Hal yang besar dimulai dengan hal yang kecil”

3 Responses to Earth Hour 2009 di Jakarta

  1. NoRLaNd says:

    Walaupun ga semua, setidak nya ada 60% lebih yang melakukan bro… itu da ckup untuk membuat Sedikit “green”🙂

  2. Moses says:

    Heheh, iya
    btw thx uda kasi comment bro😉

  3. Jack001 says:

    kalo menurut gw, tetep aja program ini kurang efektif, walaupun berpuluh2 rumah mematikan lampuny. untuk keterangan lengkapny gw akan post d blog gw (masi under construction)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: